Wednesday, October 2, 2013

Mengidetifikasi Masalah Sistem WAN Melalui Gejala Yang muncul

    pada subbab ini akan dibahas mengenai masalah-masalah yang muncul melalui gejala-gejala yang muncul pada sistem jaringan berbasis luas (WAN). permasalahan yang terjadi pada sistem WAN ada banyak, meliputi permasalahan pada Hardware atau pun Software. Gejala yang muncul , anatara lain sdebagai berikut.

  1. perangkat tidak menyala, meskipun telah dihubungkan denga satu daya dan sakeral dalam posisi ON
  2. lampu pada indikator tidak menyala atau menunjukan gejala error, misalnya terus menyala merah pertanda terdapat gangguan.
  3. Muncul pesan kesalahan pada saat melakukan ping, misalanya "request timed out","destination net unreachable", atau "general failure"
  4. Transfer file lambat sekali atau sering terputus (gagal).
  5. muncul pesan kesalahan "there is an IP address Conflict With another system on the network", artinya terdapat kesalahan atau konflik pada IP Address yang terhubung dengan jaringan. akibat pesan tersebut , koneksi yang ada akan menjadi terputus dan tidak dapat kita gunakan kembali.
   sisitem Wan terhubung sangat luas sehingga ada banyak sekali  kemungkinan gangguan yang menyebabakan munculnya masalah pada jaringakan tersebut, di antaranya sebagai berikut :

  1. Gangguan pada sumber listrik                                                                                                                           gangguan pada sisitem listrik yang digunakan merupakan hambatan atau masalah pokok yang sering terjadi. salah satunya adalah arus lisrik putus sehingga menyebabkan terhentinya proses komunikasi antarbagian yang mengunakan sistem WAN. Gangguan lainaya, misalnya, listrik yang tidak setabil sehingga memungkinkan terjadinya gangguan pada peralatan yang kita gunakan dan dapat menyebabkan kerusakan atau tidak berfungsi dengan mestinya
  2. Gangguan Alam                                                                                                                                gangguan alam dapat disebabkan oleh iklim, cuaca, atau bencana alam. misalnya, gangguan dari petir dapat merusak peralatan yang kita gunakan. akibatnya, proses komunikasi menjadi terganggu atau terputus
  3. Gangguan pada software                                                                                                                   penyebab lain yang dapat mengakibatkan putusnya proses komunikasi atau proses transmisi  data pada sistem WAN adalah terjadinya masalah pad Software yang kita gunakan, terutama software yang terdapat pada pusat data atau server. Hal itu karena pada server inilah semua data dapat diambil dan didistribusikan ke bagian-bagian yang lain atau dari server menuju client-client yang lain.
  4. gangguan pada Hardware/perangkat                                                                                                                         penyebab yang muncul adalah kerusakan pada peralatan yang kita gunakan, misalanya pada peralatan utama pada piranti router yang merupakan perangkat (Hardware) Paling utama dalam sistem WAN
  5. Gangguan pada Protokol                                                                                                                   penyebab yang lain adalah terjadi serangan TCP/IP. TCP/IP merupakan protokol yang digunakan untuk mengontrol semua komunisaki yang ada pada jaringan, baik sistem LAN maupun siistem WAN. TCP/IP sangat rentan sekali terhadap penyerangan. ada banyak sekali kemungkinan masalah TCP/IP suite Error karen tidak adanya mekanisme untuk menjamin proses transfer data atau konikasi data yang dikirim melalui jaringan, baik sistem LAN maupun Sistem WAN, akan berhasil seluruhnya. akan tetapi , ada kemungkinan data yang kita kirimkan akan mengalami kegagalan yang disebabkan oleh kesalahan konfigurasi atau informasi routing yang salah.
  6. Gangguan pada redudansi                                                                                                                                Redudansi adalah penambahan data yang tidak berhubungan sama sekali dengan isi pesan atau berita yang dikirimkan.
  7. Gangguan pada DHCP Server                                                                                                           sistem dapat mengalami kegagalan ketika terjadi masalah pada DHCP server yang kita gunakan pada jaringan, client tidak dapat menerima IP Address. kesalahan atau masalah yang terjadi dapat pula diakibatkan oleh sisitem directory server, client tidak dapat melakukan log on ke jaringan atau dapat pula terjadi karena akibat masalah dengan register nama pada sistem DNS yang ada pad client
  8. gangguan Akibat Virus                                                                                                                       masalah lain yang memungkinkan terjadi dapat pula diakibatkan oleh tejadinya ledakan Virus dalam sistem yang kita gunakan. sistem jaringan yang kita gunakan mengalami kebanjiran traffic dari pengaruh virus. virus tersebut secara langsung menyerang sistem server dan secara perlahan mengerogoti seluruh komputer client yang ada pada jaringan kita. akibatnya, keadaan sistem wan menjadi sangat pelan dan proses kerja dari server dan client pun mengalami gangguan

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Mengidetifikasi Masalah Sistem WAN Melalui Gejala Yang muncul", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Goombes - All Rights Reserved
Design by goombesh | Powered By Blogger.com